Skip to main content

PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT BEBERAPA AHLI

  1.  Menurut Cavanagh, konseling merupakan “a relationship between a trained helper and a person seeking help in which both the skills of the helper and the atmosphere that he or she creates help people learn to relate with themselves and others in more growth-producing ways.” [Hubungan antara seorang penolong yang terlatih dan seseorang yang mencari pertolongan, di mana keterampilan si penolong dan situasi yang diciptakan olehnya menolong orang untuk belajar berhubungan dengan dirinya sendiri dan orang lain dengan terobosan-terobosan yang semakin bertumbuh (growth-producing ways)]
  2. Menurut Pepinsky 7 Pepinsky ,dalan Shertzer & Stone,1974, konseling merupakan interaksi yang(a)terjadi antara dua orang individu ,masing-masing disebut konselor dan klien ;(b)terjadi dalam suasana yang profesional (c)dilakukan dan dijaga sebagai alat untuk memudah kan perubahan-perubahan dalam tingkah laku klien
  3. Menurut Smith,dalam Shertzer & Stone,1974 , konseling merupakan suatu proses dimana konselor membantu konselor membuat interprestasi - interprestasi tetang fakta-fakta yang berhubungan dengn pilihan,rencana,atau penyesuaian-penyesuaian yang perlu dibuat.
  4. Menurut Mc. Daniel,1956 , konseling merupakan suatu pertemuan langsung dengan individu yang ditujukan pada pemberian bantuan kepadanya untuk dapat menyesuaikan dirinya secara lebih efektif dengan dirinya sendiri dan lingkungan.
  5. Menurut Berdnard & Fullmer ,1969, Konseling meliputi pemahaman dan hubungan individu untuk mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan,motivasi,dan potensi-potensi yang yang unik dari individu dan membantu individu yang bersangkutan untuk mengapresiasikan ketige hal tersebut.
  6. Menurut Miller (I. Djumhur dan Moh. Surya, 1975) mengartikan bimbingan sebagai proses bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum di sekolah, keluarga dan masyarakat.
  7. Menurut United States Office of Education (Arifin, 2003), memberikan rumusan bimbingan sebagai kegiatan yang terorganisir untuk memberikan bantuan secara sistematis kepada peserta didik dalam membuat penyesuaian diri terhadap berbagai bentuk problema yang dihadapinya, misalnya problema kependidikan, jabatan, kesehatan, sosial dan pribadi. Dalam pelaksanaannya, bimbingan harus mengarahkan kegiatannya agar peserta didik mengetahui tentang diri pribadinya sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
  8. Menurut Djumhur dan Moh. Surya, (1975), berpendapat bahwa bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai kemampuan untuk dapat memahami dirinya (self understanding), kemampuan untuk menerima dirinya (self acceptance), kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self direction) dan kemampuan untuk merealisasikan dirinya (self realization) sesuai dengan potensi atau kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga, sekolah dan masyarakat.
  9. Dalam Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah dikemukakan bahwa “Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan”.
  10. Menurut Prayitno, dkk. (2003) mengemukakan bahwa bimbingan dan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.

 

Comments

siiiipppppp. . . .
klo bsa untuk ditambahkan lagi hal-hal baru mengenai bi,bingan dan konseling yahhh. . .
terimakasih. . .
good luckkk
1001_Farchan said…
nanti kalo ada pasti di posting kok,,,:D
coz ini juga tugas kuliah,,,skalian aja q posting biar bermanfaat juga,,,
:D
makasih ya comment nya
ela zulaeha said…
Thanks informasinya...^_^
1001_Farchan said…
iya sama2..selamat membaca..semoga bermanfaat
:D

Popular posts from this blog

Seminar Pendidikan matematika

Seminar pembelajaran matematika merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil oleh setiap mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan matematika. Dalam mata kuliah ini tidak diadakan perkulliahan di dalam kelas pada umumnya. Mahasiswa di anjurkan untuk segera memilih judul makalah seminar mengenai matematika murni ataupun matematika pendidikan.Setelah mahasiswa menemukan judul yang tepat, mereka mengajukan judul ini kepada dosen mata kuliah seminar pendidikan matematika yang mereka kontrak. Jika menurut dosen coordinator tadi judul dirasa memenuhi, akan dipilihkan dan dianjurkan dosen pembimbing yang sesuai dengan judul makalah sebagai pembimbing yang akan memberikan bimbingan berkala sampai makalah itu selesai dan diseminarkan.Permasalahan awal yang sering muncul adalah, tidak adanya informasi jelas yang diberikan dosen mengenai tugas ini. Sehingga mahasiswa yang kurang aktif bertanya kepada dosen akan terhambat disini. Padahal, intinya adalah mahasiswa segera menentukan masala…

RPP E-LEARNING

Pembelajaran Elearning di sekolah sudah semakin maju. Pemanfaatan Elearning telah sampai pada jenjang SMA dan sederajat. Disini akan disampaikan beberapa contoh RPP mengenai pembelajaran di sekolah, khususnya SMA kelas X untuk matapelajaran Matematika dengan materi logika matematika.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X / Genap
Materi Pokok : Logika Matematika
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit per pertemuan ( selama pertemuan )
Standar Kompetensi :
Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta mampu menarik kesimpulan dari pernyataan yang ada.
Kompetensi Dasar :
• Memahami pernyataan dalam matematika dan kalimat terbuka serta ingkaran atau negasinya.
• Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
• Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan.
• Menggun…

Bangun Datar Segiempat dan Segitiga

WELCOME

Selamat datang dan selamat menikmati materi yang telah disiapkan.


silahkan download materi dan kuisnya DISINI

Untuk Tugas Mengerjakan Latihan Soal Buku Paket semester 2,

bisa download Buku Paketnya DISINI


Jika menemui kendala, bisa comment di bawah ini atau langsung email farchanfirmansyah@gmail.com